Pekerjaan U ditch di Cimuning Mustika Jaya Asal Jadi, LSM PENJARA: Orang Dinas seolah tutup Mata..!!

Pekerjaan U ditch di Cimuning Mustika Jaya Asal Jadi, LSM PENJARA: Orang Dinas seolah tutup Mata..!!

Rabu, 16 Oktober

Pekerjaan Saluran (U ditch) di jalan PU RT 02, RW 03, Kelurahan Cimuning, Kecamatan Mustika Jaya, Kota Bekasi.


Kota Bekasi, SUARA TOPAN - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pemantau Kinerja Aparatur Negara (PENJARA) Kota Bekasi soroti pekerjaan saluran (U ditch) di jalan PU RT 02, RW 03, Kelurahan Cimuning, Kecamatan Mustika Jaya, Kota Bekasi yang dinilai asal jadi.

Diketahui, Pekerjaan Pembuatan saluran item U ditch tersebut diselenggarakan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi dengan sumber dana pendapatan bagi hasil pajak Rp.191.946.000, 00,- dan Proyek tersebut dikerjakan CV. Bukit Mas yang diduga dikerjakan dilokasi asal jadi.

Dari hasil pantauan, Wakil Ketua DPC LSM Penjara Indonesia Kota Bekasi, Fari Rangga mengatakan, ada beberapa kejanggalan yang ditemukan di lapangan pada saat pekerjaan saluran U ditch (Drainase) yang terkesan asal jadi tersebut.

"Kami lihat, ada beberapa kejanggalan diantaranya, tidak adanya lantai dasar, tidak memakai pasir pilihan pada samping Uditch melainkan menggunakan puing puing, pada saat pemasangan uditch pun genangan air yang ada tidak dikuras terlebih dahulu menggunakan pompa," ungkap Fari kepada suaratopan.com, Rabu (16/10/2024).

Dirinya juga menemukan para pekerja tidak menggunakan Alat Pelengkap Diri (APD) lengkap serta K3, pekerjaan pun dinilai tidak dikerjakan sesuai prosedur dilakukan sungguh-sungguh hingga terkesan asal jadi.

“Pekerjaan saluran tersebut banyak terdapat item-item yang tidak sesuai SOP, salah satunya masih adanya genangan air pada saat dipasang,” ujar Fari.

Selain itu pun, lanjut Fahri, diduga pihak Dinas seolah tutup mata dalam proses pekerjaan berlangsung, sehingga kontraktor leluasa bekerja semaunya.

"Kami nilai, orang Dinas seolah tutup mata tentang proses pekerjaan tersebut," cetus Fari.

Fahri pun berharap, agar Kepala Dinas DBMSDA Kota Bekasi beserta jajarannya bekerja maksimal dan diminta melakukan ketegasan atas pekerjaan tersebut, sehingga hasil pekerjaan pun berfungsi dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Kami minta Dinas terkait bekerja profesional, andai ada ditemukan kejanggalan atau pekerjaan yang tidak sesuai harus segera bertindak. Dan kami harap ada sanksi tegas dari Dinas, agar Kontraktor bekerja sesuai harapan masyarakat, dan hasilnya pun baik," tegas Fari. (Yat/Red).  
 

TerPopuler